Kamis, 02 April 2009

aliran, firqoh2 dalam Islam

Sebelum Perkembangan Agama Islam :

Pada awal turunnya Agama Islam di Tanah Arab, Sekarang Saudi Arabia, sudah dikenal agama2 dan kepercayaan dan lain2 pada waktu itu. Secara global perkembangan budaya manusia yang diperkirakan (tak ada yang tahu pasti) berumur 10 ribu tahun, sudah tersosialiasi agama2 samawi seperti Yahudi dan Nasrani. Agama Yahudi sendiri bisa dilacak dari kitab2 Taurat , turunnya 10 perintah Tuhan, (thora) dan juga kitab2 zabur (perjanjian lama). Agama Kristen lebih bisa di lacak kalo dilihat dari lahirnya Nabi Isa (Yesus) dan sejarah perkembangannya (sekitar 570 kebelakang dari lahirnya Nabi Muhammad). Pada waktu itu juga sebetulnya Agama Kristen sudah terbagi bagi dalam bermacam2 aliran, sekte, seperti di Syria, Mesir (Egypt), Iraq, Eropa, bahkan Rusia.
Diluar Agama Samawi sudah tersosialisasi Agama Budha dan Hindu yang secara historis lebih tua dari pada Agama Samawi ini, selain itu juga masih banyak kepercayaan2 diluar agama2 ini seperti zoroaster dan animisme/dinamisme (di Afrika dan beberapa daerah lain).
Di Kota Mekah sendiri pada waktu itu sudah ada pengikut agama Yahudi dan Nasrani (Protestan/reformist belum lahir) dan milah Ibrahim yang monotheist (Sudah dikenal Istilah Allah untuk menyebut Tuhan/Rabb) serta penyembah2 berhala (Latta, Uzza, etc) yang di gantung di sekitar kabah.

2 komentar:

  1. Translations Suras
    BAHASA INDONESIA
    1 - AL-FAATIHAH

    Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.



    1 Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.

    2 Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam,

    3 Maha Pemurah lagi Maha Penyayang,

    4 Yang menguasai hari pembalasan.

    5 Hanya kepada Engkaulah kami menyembah dan hanya kepada Engkaulah kami mohon pertolongan

    6 Tunjukilah kami jalan yang lurus,

    7 (yaitu) jalan orang-orang yang telah Engkau anugerahkan nikmat kepada mereka, bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat.


    ReadTheQuran.org

    BalasHapus
  2. inilah tujuh ayat yang diulang ulang. Ummul kitab.

    BalasHapus